UTS PTI

Tema  : Bagaimana Teknologi Informasi Mengubah Dunia

Teknologi Informasi
          Akhir - akhir ini pembahasan yang muncul tentang teknologi. Kerap kali melibatkan tentang apa yang menjadi aspek media yang di tampilkan. Seiring dengan perkembangan zaman gaya hidup masyarakat baik nasional maupun global secara perlahan mulai berubah drastis. Salah satu yang berubah dapat dilihat dari cara masyarakat dalam mengakses informasi local maupun interlocal atau universal. Karena media baru sudah menyebar luas di kalangan masyarakat. Masyarakat pun cenderung menggunakan media baru ketimbang media lama yang terlihat merepotkan, karena dengan menggunakan media baru masyarakat dapat mengakses informasi dengan cepat dan efektif di manapun masyarakat berada.
          Media Baru merupakan media yang diintegrasikan dengan teknologi internet. Mengapa demikian, karena internet telah menyuplai informasi yang diperlukan masyarakat. Kepraktisan dan aktualitasnya dalam mengakses informasi lebih cepat membuatnya. Internet sekarang telah menjadi primadona bagi masyarakat global dalam mencari informasi dan karena pengaruh internet sudah sangat dominan. Contoh salah satu media baru yang sekarang sangat di gandrungi oleh kalangan masyarakat luas ialah handphone yang kini berubah menjadi smartphone. Berubahnya handphone menjadi smartphone adalah salah satu aspek dari internet, karena hampir seluruh program di smartphone terhubung oleh internet seperti jejaring sosial, games, program berita dan lainnya. Pengaruh yang dapat ditimbulkan oleh media baru sangat beragam, di mulai dari aspek positif maupun aspek negatif. Untuk meyakinkan, saya akan menjelaskan tentang dampak media baru.
          Yang pertama dampak positif, media baru sudah banyak digemari oleh masyarakat luas dengan program- program tampilan menarik yang berhubungan dengan internet. Contoh, ketika masyarakat menginginkan metode penjualan maupun pembelian lebih mudah, hemat dan praktis. Sekarang ini media baru telah memberikan fasilitas seperti online shop yang sekarang ini tersebar di jejaring sosial manapun. Kemudahan dan keunikan serta mutu barang yang di jual telah menarik banyak sekali pembeli yang aktif dalam jejaring sosial. Sehingga dapat membantu aktifitas perdagangan.
          Yang kedua dampak negatif, seperti contoh kasus penipuan terhadap penjual- pembeli barang. Saat online shop pun merupakan salah satu yang mesti di pertimbangkan karena bagaimanapun penggunaan media baru tidak hanya menggunakan untuk hal-hal yang baik tetapi juga banyak penjahat-penjahat yang ingin mengambil kesempatan untuk sebuah keuntungan mereka dan masyarakat harus selalu waspada.
          Oleh sebab itu penggunaan media-media baru harus tetap di seimbangkan dengan konsumsi media lama , dan menggunakan media -media tersebut harus diperlakukan dengan aktivitas di luar rumah, agar dapat mencapai standar hidup yang lebih baik dan mutu yang tinggi untuk tetap mencapai kehidupan yang normal dan semestinnya.


NIM : D1042161048
NAMA : SOPIA PRISKLIA YULI NAINGGOLAN

BLOG :prisklialumbanraja.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer